Monday 18 March 2013

Defenisi, Gejala & Pengobatan Alergi Obat


Alergi obat dapat terjadi pada individu yang memiliki respon imun yang tidak normal terhadap obat yang digunakan untuk mengontrol gejala suatu penyakit, atau mengatasi kondisi medis secara keseluruhan. Ada banyak obat dijual bebas maupun dengan resep dokter yang dapat mengakibatkan alergi. Selain itu juga banyak orang tidak menyadari bahwa mereka dapat memiliki reaksi alergi terhadap obat yang meskipun sebelumnya mereka tidak pernah mengalaminya. Dalam panduan ini, Anda akan belajar tentang dasar dari gejala alergi obati, serta gejala yang mengindikasikan keadaan kesehatan yang darurat.

Definisi Alergi Obat
Reaksi alergi adalah respon sistem kekebalan tubuh terhadap zat yang belum diketahui oleh tubuh. Sistem kekebalan tubuh mencoba untuk melawan benda asing ini dengan memicu pelepasan antibodi dan histamin ke dalam tubuh. Alergi obat merupakan reaksi imunologis yang dipicu oleh obat, yang mana reaksi tersebut cukup berbeda dengan profil farmakodinamiknya. Istilah alergi obat kadang juga disebut hipersensitivitas terhadap obat.

Jenis Alergi Obat
Ada berbagai jenis alergi obat tetapi secara umum ada dua jenis:
a) Humoral, Jenis ini kemudian dibagi lagi menjadi tipe I, tipe II dan tipe III berdasarkan jenis sel yang terlibat.
b) Cellular

Gejala Alergi Obat
Alergi obat dapat terjadi segera setelah obat diminum. Tetapi pada beberapa orang, gejala dapat muncul beberapa minggu setelah minum obat secara teratur. Berikut ini merupakan gejala yang terkait dengan jenis reaksi:
- Ruam dapat muncul pada kulit.
- Pembengkakan di tenggorokan, daerah wajah, dan bahkan di dalam mulut
- Demam juga bisa muncul pada beberapa orang.
- Pada umumnya masalah datang ketika ada keluhan gatal-gatal.
- Pusing juga bisa muncul.

Keadaan Darurat Alergi Obat
Seseorang dapat mengalami gejala tertentu sebagai akibat dari alergi obat yang menunjukkan keadaan darurat. Gejala berikut menunjukkan situasi yang berpotensi mengancam hidup yang dapat terjadi :
- Saluran nafas mulai merasa sempit (susah bernafas) – ini biasanya di daerah tenggorokan.
- Denyut nadi relatiif lebih cepat.
- Pusing berat.
- Hal yang jarang terjadi adalah pusing dan kemudian benar-benar kehilangan kesadaran.
- Mual dan muntah sedang sampai berat mungkin dapat terjadi.

Pengobatan Alergi Obat
a) Pengobatan, Hal pertama dan terpenting adalah untuk berkonsultasi dengan dokter Anda, dokter akan menentukan 2 hal : yang pertama adalah alergen dan yang kedua adalah penyebab alergi. Kemudian jika ada reaksi alergi, dokter akan memberikan pengobatan untuk mengurangi atau menghilangkan keluhan dan gejalanya.
b) Pencegahan ,Cara pencegahan terbaik adalah menghindari obat-obatan yang pernah menyebabkan alergi.

sumber : Rumah Sunatan

No comments:

Post a Comment