Wednesday 10 October 2012

Di Usia Berapakah Khitan yang Paling Baik?


Sebenarnya tidak ada batasan usia yang paling baik seorang anak sebaiknya dikhitan.Secara agama maupun kesehatan tidak ada ketentuan mengenai usia yang terbaik untuk dikhitan. Di dalam agama Islam banyak petunjuk atau kisah mengenai khitan, dimana Nabi Ibrahim AS dikhitan saat beliau berusia 80 tahun. Sedangkan kedua anaknya Ismail AS dikhitan saat usia 13 tahun dan Ishaq AS saat usia 7 tahun. Sedangkan menurut sunnah Nabi Muhammad SAW khitan sebaiknya dilakukan setelah anak berusia 7 hari.

Di Negara maju seperti Eropa  dan Amerika Serikat khitan dilakukan sewaktu bayi baru lahir dan merupakan salah satu prosedur tetap yang dilakukan hamper seluruh fasilitas kesehatan atau rumah sakit disana. Di Negara kita beragam kebiasaan yang bisa kita jumpai berhubungan dengan khitan. Pada kebiasaan orang Jawa khitan biasanya dilakukan saat anak berusia sudah agak besar biasanya lebih dri 10 tahun. Sedangkan menurut kebiasaan dari Jakarta, Jawa Barat dan Sumatera biasanya khitan
dilakukan pada usia lebih kecil.

Menurut kesehatan tidak ada batasan kapan seorang anak sebaiknya dikhitan. Kecuali pada keadaan khususdimana ada indikasi harus segera dikhitan seperti adanya saluran kencingnya. Pada umumnya masyarakat mengkhitankan anaknya saat berusia 8 – 12 tahun, dimana saat usia tersebut mental anak sudah siap untuk dikhitan. Tetapi semua di kembalikan lagi kepada orang tua kapan ingin mengkhitankan anaknya. Saat yang terbaik adalah bila seorang anak sudah berkata saya mau dikhitan, karena saat itu biasanya mental anak sudah siap.

No comments:

Post a Comment