Sunday, 24 March 2013

Cara Instan Meringankan Rasa Sakit pada Tubuh




Rasa sakit di tubuh biasanya terkait dengan radang sendi dan kondisi penyakit kronis lainnya. Tapi ada cara instan untuk mengurangi rasa sakit agar rasa sakit tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Lima cara instan untuk meringankan rasa sakit yang dianjurkan Yakub Teitelbaum, MD, penulis buku 'Real Cause, Real Cure (Rodale)', seperti dikutip MSNHealth, Kamis (17/11/2011) antara lain:

1. Akupresur
Nyeri otot merupakan jenis sakit yang paling sering dialami oleh seseorang. Tender dan marble size knots di otot disebut sebagai titik picu. Titik tersebut memicu banyak rasa sakit sesuai dengan titik akupresur yang digunakan dalam perawatan seperti akupunktur atau pijat olahraga.

Pada titik picu diberi tekanan yang cukup untuk melihat tanda putih dari jari dan tahan selama setidaknya 45 detik. Hal tersebut akan menyebabkan rasa sakit pada awalnya, tetapi dengan cara tersebut dapat meningkatkan aliran energi untuk membantu meringankan rasa sakit seperti pada pijat olahraga. Jika mengalami nyeri di tempat yang sulit dijangkau, seperti punggung, bahu, atau leher, dapat menerapkan tekanan tersebut dengan bola tenis. Cukup dengan berbaring, dan menempatkan bola dekat dengan daerah dimana ada rasa sakit, dan bergulung-gulung di sekitar. Berbaring selama 1-5 menit, atau sampai merasakan otot-otot rileks.

2. Mendengarkan musik
Hasil studi dari Prancis menunjukkan mendengarkan musik dapat membantu meningkatkan intensitas nyeri pada orang dengan nyeri punggung kronis. Namun studi lain menemukan bahwa hampir setengah dari pasien kanker yang mendengarkan musik selama 30 menit mengalami pengurangan 50 persen dari rasa sakit. Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam The International Journal of Nursing Studies. Mendengarkan musik dapat membantu mengurangi intensitas nyeri karena dapat mengalihkan perhatian dari rasa nyeri daripada berfokus pada rasa nyeri.

3. Berendam dengan air yang mengandung garam magnesium
Kekurangan magnesium dapat menyebabkan otot berkontraksi. Kontraksi otot merupakan merupakan pemicu rasa sakit yang sering dialami oleh banyak orang. Di Amerika hampir 65 persen kekurangan magnesium karena mengonsumsi lebih banyak makanan olahan.

Makanan tinggi magnesium meliputi pisang, alpukat, kacang, biji-bijian, dan kedelai. Mineral tersebut juga dapat diserap melalui kulit, dan garam Epsom juga terdiri dari magnesium sulfat. Meringankan nyeri otot dapat dengan menambahkan 2 cangkir garam Epsom untuk mandi dan berendam selama minimal 12 menit beberapa kali seminggu.

4. Oleskan gel topikal
Gel topikal dapat meringankan rasa sakit dengan membantu untuk mematikan ujung saraf dan meningkatkan aliran darah ke daerah untuk penyembuhan lebih cepat. Bahan aktif mentol, kapur barus, dan tumbuh-tumbuhan dapat membantu mendinginkan sensor blok pada serabut nyeri untuk segera meredakan rasa sakit.

5. Latihan fisik
Latihan fisik, termasuk yoga, tai chi, dan berjalan telah menunjukkan dapat mengurangi rasa sakit. Penelitian di New England Journal of Medicine menemukan pasien fibromyalgia yang melakukan tai chi 2 kali seminggu selama 1 jam dan rutin selama 12 minggu mengalami penurunan rasa nyeri yang signifikan. Tai chi merupakan kombinasi gerakan lambat, pernapasan, dan meditasi. Faktor-faktor pemicu stres, seperti adrenalin, dapat mengakibatkan rasa sakit. Latihan yoga dan tai chi dapat membantu meregangkan dan mengendurkan otot, serta meredakan rasa sakit.

Bahkan hanya dengan peregangan selama 10-15 detik dapat membantu meringankan rasa sakit. Mulailah dengan peregangan pada daerah yang sakit, seperti duduk membungkuk untuk meringankan nyeri punggung. Tahan peregangan tersebut selama 10 detik atau sampai merasakan otot rileks, dan secara bertahap dilakukan hingga 1 menit.

Sumber : artikelbagus.com

No comments:

Post a Comment

Post a Comment